Tentang Kami

UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh merupakan lembaga teknis dinas sebagai salah satu upaya peningkatan mutu, perluasan akses dan akuntabilitas pendidikan, khususnya dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi pendidikan. Untuk maksud tersebut maka telah dilakukan peningkatan status dan eselonisasi dari Sanggar Tekkomdikbud Aceh yang ditetapkan dengan SK Mendikbud Nomor 039/O/1996 tanggal 5 Pebruari 1996, menjadi UPTD Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 16 tahun 2002.

Dan mulai tahun 2008, berdasarkan Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008 yang berisi tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaga Daerah Nanggroe Aceh Darussalam Tahun 2008 Nomor 05, Tambahan Lembaga Daerah Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 15) nama lembaga ini berubah lagi menjadi UPTD Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan pada Dinas Pendidikan Aceh, atau dapat disingkat dan sekarang lebih dikenal dengan nama UPTD BALAI TEKKOMDIKACEH.

Seiring dengan bergulirnya otonomi daerah dan tututan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta adanya perubahan Strukturisasi pemerintahan, maka UPTD BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PENDIDIKAN pada Dinas Pendidikan Aceh disesuaikan togas pokok dan fungsinya dengan surat keputusan Gubernur Aceh No 16 tahun 2009.

Keberadaan UPTD Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Aceh telah merintis program pembelajaran dengan pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan. Lembaga ini telah mengembangkan program teknologi pendidikan, diantaranya membentuk 25 SMU Model Penerapan Tekkomdik, memproduksi audio visual pendidikan, audio untuk radio siaran berupa layanan masyarakat, melatih guru dan siswa dalam bidang Teknologi Komunikasi, Informasi dan Media Pendidikan, serta tersedianya perangkat produksi audio, audio-visual dan multimedia pendidikan.

Sebagai tempat latihan guru dan siswa, juga telah dibangun satu unit tempat pembelajaran teknologi, yang terbagi atas pembelajaran internet, pembelajaran audio dan pembelajaran melalui audio visual dan ditambah ruang untuk pembelajaran desain grafis untuk guru dan siswa yang mempunyai minat dan bakat terhadap seni digital.

 

5,192 total views, 6 views today

Leave a Reply