SETiA – Sistem Epelatihan Tekkomdik Aceh

SETiA = Sistem Epelatihan Tekkomdik Aceh adalah metode pelatihan yang sedang kami galakkan dan sosialisasikan pada setiap kegiatan di UPTD Balai Tekkomdik Aceh terutama pada pelatihan yang dilakukan lembaga ini. Sistem Epelatihan Tekkomdik Aceh yang kami bangun ini mengunakan engine open source CMS (Content Management System) yang dikenal dengan nama Moodle. Moodle juga dikenal dengan keunggulannya dalam manajemen pendidikan yang lebih dikenal dengan istilah LMS (Learning Management System) atau VLE (Virtual Learning Envirenment) sudah banyak digunakan oleh institusi pendidikan maupun lembaga pendidikan domestik maupun mancanegara karena keunggulan dan kemudahan dalam penggunaan. Inilah yang membuat tim pengembang aplikasi di UPTD Balai Tekkomdik Aceh memberanikan diri mengembangkan dan memperkenalkan SETiA. Pilihan ini juga dikarenakan selain gratis dan dapat dimodifikasi, SETiA (Sistem Epelatihan Tekkomdik Aceh) yang berbasis Moodle ini diharapkan akan mudah dipelajari dan mudah digunakan oleh setiap peserta pelatihan baik guru maupun siswa. Syaratnya adalah peserta diharapkan sudah memiliki dasar pengetahuan dan sudah terbiasa menggunakan internet seperti browsing dan email. Pertimbangan lainnya dalam pengembangan SETiA karena yang CMS Moodle telah teruji di berbagai instutisi di banyak negara. Moodle telah digunakan di lebih dari 13.532 situs pada 150 negara dan telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa. Jumlah pengguna Moodle terbesar adalah UK open university (http://www.open.ac.uk) yang memiliki 180.000 mahasiwa. Universitas terkenal di Indonesia pun juga mempergunakan CMS ini sebagai sistem pembelajaran dan perkuliahan para mahasiswanya. Kami juga berharap dengan aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pembelajaran siswa-siswi di Aceh suatu hari nanti. Amin

Saat ini SETiA (Sistem Epelatihan Tekkomdik Aceh) sudah dapat diakses secara online di internet dengan alamat https://epelatihan.tekkom-aceh.net. SETiA ini sendiri sudah mulai aktif digunakan sejak 3 Juni 2012 dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK Tingkat Guru SMP Sederajat Se-Aceh. Semoga dengan kehadiran SETiA ini pelatihan di Tekkomdik Aceh akan menjadi lebih efektif, efisien, informatif dan moderen. SETiA masih dalam pengembangan dan penyempurnaan serta uji kelayakan. Tim pengembang SETiA saat ini masih terus berusaha menyempurnakan dan terus mengisi berbagai kolom belajar (kursus) yang dapat diikuti oleh setiap anggotanya dan berharap setidaknya dalam masa kurang dari dua tahun SETiA ini akan dapat digunakan secara luas dan menjadi model aplikasi elearning yang juga dapat dipegunakan oleh sekolah-sekolah dalam setiap kegiatan belajar mengajar secara online maupun secara offline. Tim pengembang SETiA juga akan mengintegrasikan server SETiA di Tekkomdik Aceh dengan server-server lokal yang nantinya ditempatkan disekolah-sekolah untuk memudahkan pendidik dan peserta didikan lebih mudah dalam mengakses konten-konten didalamnya secara intranet. Sehingga konten-konten yang diunggah (upload) di Server Utama SETiA akan secara otomatis terunduh (download) di Server Lokal di sekolah-sekolah. Sementara itu guru-guru di sekolah dapat mengunggah konten-konten pembelajaran secara online di Server Pusat SETiA yang berarti konten tersebut juga akan otomatis terdapat pada server lokal di sekolah dan dapat diakses dan digunakan oleh sekolah-sekolah lain atau jika guru hanya mengunggah konten di server lokal maka konten tersebut hanya akan bersifat muatan lokal yang hanya dapat diakses di sekolah bersangkutan.

Semoga dengan kehadiran SETiA (Sistem Epelatihan Tekkomdik Aceh) ini dapat mempercepat dan memutakhikan pendidikan khususnya di Aceh.

SETiA, Sistem Epelatihan Tekkomdik Aceh

Kunjungi website ini

 

 

3,864 total views, 2 views today