Pelatihan TIK Pendidikan


PENERAPAN TIK untuk pendidikan (e-pendidikan) memiliki dua tantangan besar yaitu penerapan TIK sebagai “enabler” efektivitas dan efesiensi proses pendidikan, serta penerapan TIK untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan (knowledge-based society) yaitu masyarakat mandiri yang mampu me- ngambil keuntungan dari TIK untuk mengembangkan diri secara terus menerus (long life learning).

Menyikapi berbagai tantangan tersebut, UPTD Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) pada Dinas Pendidikan Aceh terus mengembangkan dan mendayagunakan TIK untuk pendidikan, khususnya dalam peningkatan mutu layanan dan mutu pembelajaran.

Untuk itu, diperlukan usaha yang terpadu dan sinergis dengan mendayagunakan berbagai sumber-sumber daya pendidikan serta dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, Balai Tekkomdik pada Dinas Pendidikan Aceh, melaksanakan workshop ICT/TIK Pendidikan Tahun 2015.

Ini dilaksanakan untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing Satuan Kerja untuk menyelaraskan, memadukan dan mensinergikan program kegiatan antar lembaga sekaligus meningkatkan hubungan kerjasama dibidang TIK agar dapat mencapai hasil yang optimal seperti yang diharapkan.

Hasil yang diharapkan dari diadakannya kegiatan ini adalah: pertama menghasilkan pokok-pokok pikiran dan masukan tentang program dan kegiatan pengembangan serta pendayagunaan TIK untuk pendidikan tahun 2015, kedua menghasilkan pokok-pokok pikiran dan masukan tentang kebijakan dan program prioritas dalam pengembangan serta pendayagunaan TIK untuk pendidikan.

Ketiga menghasilkan kesepakatan antar unit-unit terkait tentang program kegiatan dan indikator kinerja pengembangan dan pendayagunaan TIK untuk tahun 2015-2016, serta keempat menghasilkan pokok-pokok pikiran tentang upaya percepatan pengembangan dan pendayagunaan TIK pendidikan di Provinsi Aceh. Kegiatan dan program yang dilaksanakan UPTD Balai Tekkomdik pada Dinas Pendidikan Aceh, mengacu pada dasar hukum, meliputi; Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Un- dang-undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Un- dang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Selanjutnya, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pen- didikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Peraturan Gubernur Aceh Nomor 49 Tahun 2009 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan Aceh dan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 19 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan Aceh.

Sebagaimana diketahui, kegiatan tersebut diadakan tujuan untuk mengkoordinasikan, mensinkronisasikan, mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pengembangan serta pendayagunaan TIK untuk pendidikan tahun 2015, membahas kebijakan dan program pengembangan serta pendayagunaan TIK dan mengkoordinasikan dan mensinkronisasikan program kerjasama upaya percepatan penggunaan dan pemanfaatan TIK pendidikan. (Afrizal Wela)

 

388 total views, 2 views today

Reportase

Tantangan Besar Penerapan TIK untuk Kependidikan

Project Details

  • 01/01/2016
  • Zul1000

Leave a Reply