Rakor_TIK_Nasional 2015


Dinas Pendidikan Aceh tentunya akan menjadikan peningkatan mutu pendidikan sebagai salah satu program prioritas yang didukung dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus berkembang pesat, nyaris tak ada rutinitas kehidupan tanpa sentuhan teknologi Informasi. Pemberdayaan TIK untuk pendidikan akan berhasil apabila didukung oleh Sumber Daya Manusia yang handal dan kompeten.

Oleh karena itu Balai Tekkomdik sebagai lembaga teknis Dinas Pendidikan Aceh dan seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta pemangku kepentingan pendidikan perlu berkoordinasi dan bersinergi dalam peningkatan kualitas SDM dibidang pemanfaatan TIK, baik mengenai standarisasi kompetensi, sosialisasi, implementasi dan program-program lainnya sesuai dangan kewenangan masing-masing.

Demikian antara lain diungkapkan Kepala Dinas pendidikan Aceh, Drs. Hasanuddin Darjo, MM, saat membuka workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan tahun 2015,  di Banda Aceh.

Dinas Pendidikan Aceh, kata dia, tentunya akan menjadikan peningkatan mutu pendidikan sebagai salah satu program prioritas yang didukung dengan pemanfaatan TIK.

“Komitmen kita adalah bagaimana dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, pendidikan Aceh bisa bersaing dan bersanding dengan pendidikan di provinsi lain bahkan dinegara lain yang telah lebih dulu maju di bidang pemanfaatan TIK. Untuk mencapai visi dan cita-cita tersebut tentunya peran kita semua dalam memberikan perhatian yang penuh terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pemanfaatan TIK,” katanya.

Hal ini tentunya, menurut Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini, akan tergambar dalam setiap program yang di rancang dan dijalankan di masing-masing kabupaten dan kota di Aceh.

“Semua harapan di ini tentunya juga perlu didukung oleh sinergi visi, misi dan program antara lembaga teknis pendidikan tingkat provinsi dengan dinas pendidikan kabupaten dan kota di Aceh,” paparnya.

Melalui workshop tersebut ia menaruh beberapa harapan kiranya mampu mengkoordinasi, mensinkronisasikan, mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pengembangan serta pendayagunaan TIK untuk pendidikan tahun 2015.

“Perlu juga membahas kebijakan dan program pengembangan serta pendayagunaan TIK dan mengkoordinasikan, mensinkronisasikan program kerjasama upaya percepatan penggunaan dan pemanfaatan TIK Pendidikan dapat berjalan lebih efektif dan efesien,” harapnya menuturkan.

Lebih lanjut Hasanuddin Darjo mengatakan, ada beberapa prioritas pengembangan TIK yang perlu menjadi perhatian dan pro aktif untuk mensukseskannya.

“Seperti persiapan sekolah menghadapi UN CBT (Computer Based Test) tahun 2016 mendatang, perhatian terhadap pembinaan TIK di daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal) mencakup data lokasi, personil, status dan dukungan infrastruktur, sarana dan prasarana yang sudah di miliki dan yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Masih kata dia, pembenahan data sarana prasarana TIK di satuan pendidikan juga sangat diperlukan, dalam hal ini termasuk memastikan pelatihan berjalan efektif dan efesien hingga memotivasi guru dan siswa untuk mengikuti semua event TIK baik yang berskala daerah maupun nasional, seperti kuis KiHajar (Kita Harus Belajar), lomba membuat bahan ajar berbasis TIK dan lomba Web,” katanya lagi.

Dijelaskan dia, pendidikan Aceh dengan kekhususan yang disandang oleh negeri ini yaitu daerah yang melaksanakan Syariat Islam, tentunya akan menambah beban tugas bagi semua kalangan.

“Sehingga produk pendidikan kita bukan hanya pintar dan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga wajib memiliki akhlak mulia, sikap prilaku dan aqidah yang berlandaskan pada ajaran Islam secara kaffah. Untuk itu, setiap program Pendidikan berbasis TIK yang dirancang dan dijalankan oleh semua pemangku kepentingan terhadap dunia pendidikan, hendaknya bersama-sama mengarahkan dan membimbing generasi kita ke arah pendidikan Islami yang berkualitas,” jelasnya.

Karena itu, tambah dia, dinas pendidikan Aceh melalui UPTD Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan yang mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pembinaan dan evaluasi kegiatan dibidang teknologi pendidikan dan pendayagunaan TIK untuk Pendidikan di Aceh, perlu senantiasa memberikan layanan dan upaya peningkatan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan dalam pemanfaatan TIK baik untuk proses pembelajaran maupun administrasi dan pendataan pendidikan, tambahnya. (afrizal)

 

308 total views, 2 views today

Reportase

Pemberdayaan TIK Harus Didukung SDM yang Handal

Project Details

  • 01/01/2016
  • Zul1000

Leave a Reply