Wagub Aceh Tinjau Pelaksanaan UN Tingkat SMP

Banda Aceh-Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, Senin, 5/5, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.Hari pertama, Mualem, sapaan akrab Wakil Gubernur Aceh, meninjau ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Banda Aceh.  Bersama Wakil Gubernur Aceh, turut hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Anas M. Adam, Ketua Ujian Nasional Dinas Pendidikan Aceh, Bahrum Yakob, Plh Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE.

Wagub tinjau UN SMP 2014

Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf didampingi Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Anas M Adam, M.Pd., meninjau pelaksanaan UN di SMP N 1 Banda Aceh pada tanggal 05 Mei 2014. (Zal)

Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, mengharapkan proses pelaksanaan UN di Aceh berjalan dengan aman dan lancar.Namun begitu, ia juga meminta agar mutu pendidikan Aceh lebih ditingkatkan dan diawasi. Sehingga pendidikan Aceh bisa mencapai target sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan.“Guna meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Aceh juga akan meningkatkan kapasitas tenaga pengajar di Aceh dengan mengirim ke luar negeri.

Kita perlu mengirim guru ke luar negeri, tujuannya  agar guru di Aceh lebih berkualitas.Pelajar-pun lebih terjamin dan terjangkau mutu pendidikannya,” ujarnya.

Sementara itu, Plh Wali Kota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, mengharapkan tingkat kelulusan siswa SMP sederajat di Banda Aceh pada UN 2014 mencapai angka 100 persen.Kecuali itu, terkait dengan distribusi soal, ia menyatakan tidak menemukan kendala, lantaran semua persiapan telah dipersiapkan secara matang oleh stakeholdernya. “Sejauh ini semua aman-aman saja, tidak ada isu kebocoran soal, pelaksanaannya tertib dan semua berjalan lancar hingga hari ini,” katanya.

Sebagaimana diketahui, pada Senin, 5/5, sebanyak 85.748 pelajar jenjang pendidikan SMP/MTs/SMPLB serta 2.780 peserta dari Paket B/Wustha, mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2014 yang tersebar diberbagai sekolah penyelenggara di Aceh.“InsyaAllah mulai hari ini hingga 8 Mei 2014, sebanyak 88.528 peserta akan mengikuti UN tahun 2014 di Aceh,” ujar Bahrum Yacob, Ketua Panitia UN Aceh melalui Sekretaris Panitia, Zulkarnain, katanya menyebutkan.Kata dia, Dinas Pendidikan Aceh, dan Kabupaten/Kota serta sekolah penyelenggara yang telah ditetapkan, katanya, sudah siap menggelar ujian nasional itu.

Naskah soal sudah didistribusikan,dengan mendulang harapan UN SMP/MTs tersebut berlangsung sukses.“Dinas Pendidikan Aceh mengirimkan 69 petugas monitoring dan evaluasi, masing-masing tiga petugas untuk setiap kabupaten/kota. Juga ada pengawas dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) masing-masing satu orang setiap kabupaten/kota,” tuturnya.

Dikatakannya, UN ini merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan SMP/MTs secara nasional, pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.Zulkarnaini merincikan mata pelajaran yang diuji untuk UN jenjang pendidikan SMP/SMPLB, pada 5 Mei 2014 Bahasa Indonesia, 6 Mei 2014 Matematika, 7 Mei 2014 Bahasa Inggris dan 8 Mei 2014 mata pelajaran Ilmu PengetahuanAlam (IPA). “Kepada peserta jenjang pendidikan SMP/MTS ini juga disiapkan UN susulan pada 12-16 Mei 2014 nanti. Kesempatan UN susulan ini diberikan kepada peserta yang tidak bisa mengikuti UN periode pertama dengan alasan tertentu,”rinci Zulkarnaini.

Sedangkan UN untuk Paket B/Wustha, tanggal 5 Mei 2014 mata ujiannya Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan, 6 Mei 2014 Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial serta 7 Mei 2014 Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam.(Afrizal Wella)

 

5,892 total views, 2 views today

Leave a Reply