Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Modal Bangsa, segera menerima siswa baru tahun ajaran 2014/2015

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Modal Bangsa, segera menerima siswa baru tahun ajaran 2014/2015, terhitung sejak
31 Maret hingga 12 April, sekolah dibawah binaan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh membuka pendaftaran.

Guna mempermudah generasi berprestasi untuk bersaing lulus di sekolah tersebut, Dinas Pendidikan Aceh, kini telah membentuk sepuluh rayon di seluruh Aceh.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Anas M. Adam, M.Pd, didampingi Kepala SMA Modal Bangsa, Thallea Nensis, dalam temu pers dengan sejumlah wartawan media cetak dan elektronik, Jum’at, 28/3, sore, di Lantai VI, Sultan Hotel, kawasan Peunayong, Kota Banda Aceh.

“Kita memberikan kesempatan kepada seluruh lulusan SMP/sederajat berprestasi di Aceh, untuk mendaftar pada masing-masing rayon di seluruh Aceh,” ujar Anas.

Untuk itu, kata Anas, pada tahun ini pihaknya mempermudah pendaftaran siswa baru, dengan membagi sepuluh rayon di seluruh Aceh, guna dapat mendaftar di rayon tersebut.

Selain itu, kata Anas, proses testing juga dilakukan di sepuluh rayon tersebut.Lagi-lagi hal itu untuk mempermudah anak-anak di Kabuapten/kota di Aceh mengikuti penerimaan calon siswa SMA Modal Bangsa.

“Kita harapkan yang mendaftar tidak hanya dari Banda Aceh, tapi kita harapkan dari seluruh daerah di Aceh,”ujarnya.

Ia menyebutkan, sepuluh rayon yang dibentuk itu meliputi, rayon I Banda Aceh, Sabang dan Aceh Besar, rayon II Pidie dan Pidie Jaya dan rayon III Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Kemudian rayon IV Aceh Timur, Aceh Tamiang dan Langsa, rayon V Bener Meriah dan Aceh Tengah, rayon VI Gayo Lues dan Aceh Tenggara dan rayon VII Aceh Jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya.

Selanjutnya, rayon VIII Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya, rayon IX Aceh Singkil dan Subulussalam dan rayon X kabupaten Simeulue. Ia menjelaskan, bahwa penerimaan calon siswa tahun ini menerapkan sistim jemput bola yakni pendaftaran dapat dilakukan disetiap daerah.

“Ini merupakan kesempatan yang kita berikan seluas-luasnya kepada seluruh siswa-siswi di daerah.

Anas menerangkan, setiap calon siswa baru juga harus berbadan sehat dan tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses belajar mengajar.

“Setelah mengikuti tes akademik, para calon siswa baru juga akan mengikuti tahap selanjutnya yakni psikotes, dimana dalam tahap tersebut juga akan mampu mengukur tingkat kemampuan yang dimiliki setiap siswa,”tambahnya.

Ditanya soal kuota yang akan diterima untuk tahun ajaran 2014/2015, Anas, menyatakan, pihaknya masih menerima seperti pada tahun sebelumnya yaitu sebanyak 116 orang yang dibagi tiga kelas.

“Belum ada penambahan jumlah siswa yang akan diterima pada tahun ajaran 2014/2015.Yang pastinya kita harapkan, mereka direkrut adalah siswa berprestasi,” ujarnya lagi.

Adapun persyaratan pendaftaran lengkapnya, sebut dia lagi, pertama, memiliki nilai minimal 75,00 untuk bidang studi AMIPAING (Agama, Matematika, IPA, Bhs.Indonesia, dan Bhs. Inggris) pada semester 3, 4 dan 5.

“Apabila sebuah bidang studi terdiri atas beberapa item penilaian, maka yang diakui adalah rata-rata dari semua item nilai tersebut,” sebutnya.

Kedua, rinci dia lagi, pendaftar dapat menunjukkan rapor asli pada panitia, ketiga, calon pendaftar berbadan sehat dan tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses belajar.

“Proses pendaftaran dapat dilakukan oleh siswa dan atau orang tua/wali,” terangnya.

Sedangkan terkait kelengkapan Administrasi Pendaftaran, ia menuturkan,Foto copy rapor SMP/MTs sederajat semester 3, 4 dan 5 yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan masing-masing 1 lembar.

“Pas photo hitam putih ukuran 3×4 dan 2×3 cm masing- masing 2 lembar, foto copy NISN 1 lembar, mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia, foto copy sertifikat juara olimpiade tingkat Provinsi atau SK juara FLASH 2014 bagi calon siswa/i yang dibebaskan tes tahap I (ujian tulis),”tuturnya.

Bahan yang tersebut, lanjut dia, dimasukkan dalam Map Kuning untuk peserta laki-laki dan Map Merah untuk peserta perempuan (map disediakan panitia).

“Berkas yang sudah diserahkan ke panitia menjadi milik panitia Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMA Negeri Modal Bangsa dan tidak dapat dikembalikan,” lanjutnya. (Afrizal Wella) 

6,546 total views, 4 views today

Leave a Reply