Kemhan Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air di Aceh

Kemhan Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air di Aceh

BANDA ACEH-Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menggandeng Dinas Pendidikan Aceh, untuk menggelar lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) jenjang SLTA Sederajat dan Perguruan Tinggi (PT) tingkat Provinsi Aceh.Lomba yang berlangsung di Hotel Grand Aceh Syariah Jalan. Tgk. Moh Hasan Gampong Lamdom, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, sejak 6 hingga 8 Agustus 2018 ini mengusung tema “Mewujudkan Generasi Muda Anti Narkoba dan Cinta Tanah Air”.

Pejabat Utama Perwakilan Kementerian Pertahanan Provinsi Aceh, Marsekal Pertama TNI Rachman Rosta, menyampaikan peserta lomba PCTA yang saat ini akan saling berkompetisi melaksanakan lomba nantinya akan diajak bergabung menjadi alumni PCTA di Provinsi Aceh.

“Dimana alumni PCTA wilayah Aceh saat ini sudah berjumlah sekitar 528 orang dan setiap tahunnya para alumni akan mengadakan kegiatan pembinaan alumni PCTA berupa kegiatan-kegiatan yang berimplementasi pada bela negara dan cinta tanah air,” ujar Marsekal Pertama TNI Rachman Rosta.

Dijelaskan, tujuan diadakannya lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) ini antaralain agar mahasiswa-mahasiswi dan siswa-siswi SLTA sederajat mampu dengan keterampilannya dan olah pikirnya menjadi generasi muda yang mandiri dan berkarakter.”Diharapkan mahasiswa-mahasiswi dan siswa-siswi SLTA sederajat mampu menyampaikan secara tertulis maupun lisan melalui media esai dan presentasi tentang generasi muda anti narkoba yang memiliki jiwa bela negara dan semangat cinta tanah air serta bangga menjadi putra-putri Indonesia,” terangnya.

Ia melanjutkan kegiatan ini juga bertujuan agar terlaksananya sosialisasi bela negara dilingkungan pendidikan mahasiswa dan pelajar di seluruh provinsi Aceh. “Dengan demikian, akan mewujudkan ekpresi dan pemikiran baik lisan maupun tulisan tentang wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara,” katanya menenrangkan.

Ia juga menjelaskan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) merupakan salah satu kegiatan pembinaan sumberdaya manusia pihaknya yang berkomitmen dalam melakukan upaya pembangunan karakter generasi muda Indonesia.

“Hal ini dalam rangka pembentukan kesadaran bela negara.Komitmen dan upaya tersebut salah-satunya diwujudkan melalui penyelenggaraan lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA), yang diikuti oleh tingkat Perguruan Tinggi dan SLTA Sederajat di seluruh tanah air,” jelasnya.

Karena, menurutnya, melalui lomba ini dapat memperoleh gambaran tentang besarnya minat dan perhatian generasi muda, Pemerintah Daerah dan Tenaga Pendidik di seluruh Aceh tentang pentingnya kesadaran bela negara serta nasionalisme.”Ini sekaligus melihat bakat dan minat serta kecintaan mahasiswa dan pelajar yang menuangkan pemikiran serta ide-idenya dalam bentuk tulisan/esai,” tuturnya.

Ia menyebutkan lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) sudah berlangsung sejak tahun 2012 hingga sekarang.Untuk tahun 2018 ini lomba PCTA diikuti oleh 34 tim dari 34 provinsi di Indonesia.”Di provinsi Aceh lomba PCTA diikuti 92 tim dari kalangan siswa SLTA dan 70 tim dari Perguruan Tinggi dan swasta.Bagi pemenang (Juara I) tingkat SLTA maupun Perguruan Tinggi nantinya akan diberangkatkan ke Bandung pada 16 September 2018, guna mengikuti lomba PCTA tingkat nasional Kementerian Pertahanan Republik Indonesia,” sebutnya merincikan.

Ditambahkannya, materi lomba tahun ini mengalami perbedaan dengan materi lomba tahun-tahun sebelumnya.Pada tahun sebelumnya, materi tentang pengetahuan umum diramu dengan format cerdas cermat, dimana peserta lomba harus mampu menjawab pertanyaan dari moderator tentang materi pengetahuan umum, sain dan teknologi, seni dan budaya, olahraga dan lainnya.

“Nah, tahun ini peserta diminta untuk bisa membuat esai kreatif dengan bertemakan ‘Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba dan Cinta Tanah Air.Selain itu, peserta juga diminta untuk menunjukkan bakat/minatnya di bidang keterampilan seni yang meliputi, membaca puisi, menyanyi, menari, seni berpantun serta bermain musik,” tambahnya.[]

(Penulis : Afrizal)

Loading...